fbpx

Kunci Keberhasilan Personal Branding bagi Entrepreneur

Jakarta – Kesuksesan seorang “entrepreneur” dalam membangun personal branding akan memberikan banyak manfaat untuk bisnis yang sedang dijalani. Personal branding yang baik tidak hanya membuat bisnis kita dikenal luas oleh calon pelanggan namun juga bisa mendatangkan profit.

Ferik Trianda, Co.founder Talkactive.id mengungkapkan personal branding terbukti ampuh dalam menunjang kesuksesan bisnis seseorang.

“Membangun personal branding itu penting dan terbukti ampuh dalam menunjang kesuksesan bisnis seseorang, seperti yang dilakukan oleh pebisnis ternama dunia seperti Steve Job, Mark Zuckerberg, dan Bill Gates,” ungkap Ferik Trianda, Co. Founder Talkactive.id, Sabtu (26/12) saat mengisi webinar dari Minang Bandung Youngpreneur.

Ferik pun mempertegas bahwa personal branding itu adalah proses memberikan kesan terhadap profesi, skill, dan perilaku yang kita jalani sebagai pebisnis. Salah satu hal wajib yang harus diterapkan yakni “menjadi diri sendiri”.

“Personal Branding bukan hanya sekadar tampak luar, namun harus memiliki nilai (value), skill, dan perilaku (behavior) di dalamnya, harus jadi diri sendiri” ungkap pria berusia 26 tahun ini.

Tiga cara yang paling efektif untuk membangun personal branding yang baik adalah melihat dari sisi appearance (penampilan), behavior (perilaku), dan juga communication (komunikasi). Tiga hal ini menjadi kunci dan indikator baik atau tidaknya personal branding. Ia pun menambahkan bahwa membangun personal branding tidak bisa semudah membalikkan telapak tangan dan harus mampu menjadi individu yang unik.

“Kita harus fokus terhadap keunggulan seperti apa yang ingin kita kenalkan ke khalayak umum, selain itu perlunya “point of different” dengan bisnis lain yang serupa, sehingga akan tercipta “positioning” yang sesuai dengan harapan bisnis kita,” ungkap Ferik.

Pada masa pandemi Covid-19 sangat penting untuk kita membangun personal branding melalui media sosial yang sesuai dengan target pasar bisnis kita. Sebab, saat ini semua aktivitas sudah mulai beralih ke digital. Tentu, ini menjadi peluang yang harus dimanfaatkan oleh setiap pebisnis.

“Peran media sosial saat ini sangat penting untuk membangun personal branding dari bisnis yang kita jalankan. Untuk itu, sangat penting untuk mengenali target pasar bisnis kita sendiri,” tutup Ferik.

Acara Bincang Bisnis 18.0 yang dimulai sejak pukul 19.45 s.d. 22.00 ini berjalan lancar dengan antusiasme peserta dari berbagai latar belakang mulai dari mahasiswa hingga pebisnis muda. Hal ini terlihat dari banyaknya pertanyaan yang muncul oleh peserta Bincang Bisnis 18.0.

 

Penulis: Anggi Monica

Share This:

Jakarta – Kesuksesan seorang “entrepreneur” dalam membangun personal branding akan memberikan banyak manfaat untuk bisnis yang sedang dijalani. Personal branding yang baik tidak hanya membuat bisnis kita dikenal luas oleh calon pelanggan namun juga bisa mendatangkan profit.

Ferik Trianda, Co.founder Talkactive.id mengungkapkan personal branding terbukti ampuh dalam menunjang kesuksesan bisnis seseorang.

“Membangun personal branding itu penting dan terbukti ampuh dalam menunjang kesuksesan bisnis seseorang, seperti yang dilakukan oleh pebisnis ternama dunia seperti Steve Job, Mark Zuckerberg, dan Bill Gates,” ungkap Ferik Trianda, Co. Founder Talkactive.id, Sabtu (26/12) saat mengisi webinar dari Minang Bandung Youngpreneur.

Ferik pun mempertegas bahwa personal branding itu adalah proses memberikan kesan terhadap profesi, skill, dan perilaku yang kita jalani sebagai pebisnis. Salah satu hal wajib yang harus diterapkan yakni “menjadi diri sendiri”.

“Personal Branding bukan hanya sekadar tampak luar, namun harus memiliki nilai (value), skill, dan perilaku (behavior) di dalamnya, harus jadi diri sendiri” ungkap pria berusia 26 tahun ini.

Tiga cara yang paling efektif untuk membangun personal branding yang baik adalah melihat dari sisi appearance (penampilan), behavior (perilaku), dan juga communication (komunikasi). Tiga hal ini menjadi kunci dan indikator baik atau tidaknya personal branding. Ia pun menambahkan bahwa membangun personal branding tidak bisa semudah membalikkan telapak tangan dan harus mampu menjadi individu yang unik.

“Kita harus fokus terhadap keunggulan seperti apa yang ingin kita kenalkan ke khalayak umum, selain itu perlunya “point of different” dengan bisnis lain yang serupa, sehingga akan tercipta “positioning” yang sesuai dengan harapan bisnis kita,” ungkap Ferik.

Pada masa pandemi Covid-19 sangat penting untuk kita membangun personal branding melalui media sosial yang sesuai dengan target pasar bisnis kita. Sebab, saat ini semua aktivitas sudah mulai beralih ke digital. Tentu, ini menjadi peluang yang harus dimanfaatkan oleh setiap pebisnis.

“Peran media sosial saat ini sangat penting untuk membangun personal branding dari bisnis yang kita jalankan. Untuk itu, sangat penting untuk mengenali target pasar bisnis kita sendiri,” tutup Ferik.

Acara Bincang Bisnis 18.0 yang dimulai sejak pukul 19.45 s.d. 22.00 ini berjalan lancar dengan antusiasme peserta dari berbagai latar belakang mulai dari mahasiswa hingga pebisnis muda. Hal ini terlihat dari banyaknya pertanyaan yang muncul oleh peserta Bincang Bisnis 18.0.

 

Penulis: Anggi Monica

Share This:

More Articles

News

Menu
Open chat