Yuk! Mengenal Sebab dan Akibat Efek Komunikasi yang Buruk dalam Bisnis

komunikasi
Halo Kawan Bicara! Penulis ingin bertanya, apakah kamu tahu hubungannya komunikasi di internal perusahaan dengan kesuksesan?

Jawaban yang sering kamu temukan adalah untuk kemajuan bisnis seperti kualitas produk atau jasa yang dihasilkan demi kepuasan pelanggan. Apakah itu saja? Ternyata pandangan tersebut belum sepenuhnya benar.

Perlu Kawan Bicara pahami, sebenarnya ini bukan masalah besar atau kecil perusahaan tempat kamu bernaung. Hal ini karena komunikasi yang baik sangat penting untuk produktivitas.

Namun, komunikasi yang buruk membawa efek buruk, tak hanya menyebabkan miskomunikasi atau salah paham, tetapi juga kehilangan peluang besar. Selain membawa dampak pada produktivitas, komunikasi yang buruk dalam perusahaan juga memiliki dampak negatif lainnya.

Di sisi lain, konflik di tempat kerja juga berimbas terjadinya ketidakseimbangan hidup seseorang. Ketidakseimbangan tersebut antara lain berupa ketidakseimbangan individu dan sosial (hati dan batin). Ini semua berawal dari komunikasi yang tidak baik tersebut.

Dampak yang terlihat jelas dari kekurangan skill dalam berkomunikasi adalah seringnya terlibat konflik seperti pribadi yang egois. Kita bisa mengatakan seseorang sudah tidak bisa bekerja sama dengan orang lain, mementingkan diri sendiri, tidak mempunyai semangat, dan hidupnya penuh dengan tekanan.

Dengan adanya dampak tersebut sangat jelas merugikan suatu organisasi di mana tempat kita bekerja sehingga membuat kinerja dari perusahaan secara keseluruhan akan menurun.

Lantas apa penyebab kesalahan dalam berkomunikasi dalam dunia kerja? Kali ini penulis akan menjabarkan secara sederhana. Ayo kita bedah!

1. Perbedaan kepribadian

Konflik di tempat kerja yang pertama yakni adanya perbedaan kepribadian antara karyawan satu dengan karyawan lainnya. Terlebih di Indonesia yang mempunyai beragam suku bangsa, perbedaan karakter, latar belakang dan tempat seseorang di besarkan bisa menjadi pemicu adanya konflik.

2. Cara Komunikasi yang buruk

Konflik di tempat kerja yang selanjutnya yakni adanya komunikasi yang terjadi dengan tiap karyawan yang buruk. Seperti diketahui bahwa hubungan antara diri sendiri dan orang lain tidak bisa dipisahkan dengan yang namanya komunikasi.

Apabila komunikasi yang terjadi tidak maksimal atau bahkan cenderung buruk, maka bisa menjadi penyebab terjadinya kesalahpahaman yang berujung pada konflik di tempat kerja.

3. Kompetisi

Kompetisi dalam tempat kerja sebenarnya diperlukan untuk menciptakan tempat kerja yang kondusif dan membuat karyawan mempunyai semangat tinggi serta tingkat produktivitas kerja yang baik.

Namun, jika hal ini di;akukan secara tidak sehat, maka kompetisi tersebut bisa memicu konflik di tempat kerja oleh karyawannya.

Di beberapa perusahaan mungkin bisa dijumpai bahwa kinerjanya terlalu menekan karyawan untuk bisa saling berkompetisi secara ketat. Belum lagi, jika produktivitas karyawan selalu dikaitkan dengan kenaikan gaji.

4. Kurangnya rasa persaudaraan

Meskipun bekerja di bawah satu atap yang sama, seorang karyawan bisa saja tidak mempunyai teman-teman yang benar-benar tulus. Hal ini di sebabkan kurangnya rasa persaudaraan yang bisa memicu konflik di tempat kerja¸ misalnya adanya permusuhan antar karyawan.

Banyak hal yang bisa dilakukan untuk menghadirkan rasa persaudaraan di tempat kerja misalnya membuka obrolan dengan ramah, mengajak orang lain mengobrol di luar topik pekerjaan ketika jam istirahat atau berinteraksi sepulang kerja untuk sekadar bersenang-senang sejenak.

5. Sistem Organisasi yang tidak efektif

Pada setiap perusahaan pastinya memilki sistem organisasi yang mengatur alur instruksi pekerjaan. Apabila sistem organisasi tersebut tidak berjalan secara efektif, dapat dipastikan bahwa hal tersebut bisa menjadi salah satu konflik di tempat kerja.

Contoh sistem organisasi yang berjalan tidak efektif diantaranya yaitu deskripsi pekerjaan yang tumpang tindih, jenjang karir yang tidak jelas, terhambatnya alur koordinasi, sumber daya yang tidak seimbang dengan strategi perusahaan, dan pemimpin tidak di kelola oleh orang yang tepat.

7. Masalah Pribadi

Setiap orang satu dengan lainnya tentu mempunyai masalah yang berbeda-beda dalam hidupnya. Tanpa adanya masalah, seseorang tidak akan bisa benar-benar hidup karena hal tersebut menjadi salah satu bagian dari proses pendewasaan.

Lantas, pada dampak negatif bagi karyawan di perusahaan? Berikut adalah beberapa dampak kesalahan berkomunikasi dalam bisnis yang perlu Kawan Bicara pahami?

1. Terjadi kesalahpahaman

Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa dampak kesalahan dalam berkomunikasi dapat menimbulkan kesalahpahaman. Kesalahpahaman yang terjadi ini mengakibatkan beberapa dampak negatif yang timbul.

Memang pada dasarnya masing-masing individu tidak mudah untuk memiliki pandangan atau presepsi yang sama, pasti seseorang pernah mengalami perbedaan pandangan terkait kalimat yang diucapkan oleh seseorang.

Hal tersebut memang wajar, akan tetapi tidak lantas anda sebagai pelaku bisnis menganggap kesalahpahaman ini adalah hal yang biasa. Sebagai pelaku bisnis harus memastikan pesan atau informasi yang diberikan tersampaikan dengan baik dan tepat, sehingga hal itu akan meminimalisir terjadinya kesalahpahaman akibat kesalahan dalam berkomunikasi.

2. Kinerja tidak maksimal

Pada dasarnya kinerja yang tidak maksimal ini juga terkait dengan terjadinya kesalahpahaman. Ketika seseorang mengalami kesalahpahaman maka ia bisa saja mengerjakan atau berfikiran yang salah tentang informasi yang diterimanya.

Sehingga akan menimbulkan ketidaksesuaikan antara informasi dengan kinerja bisnis yang dijalankan. Kinerja yang tidak maksimal sebenarnya bukan hanya disebabkan oleh dampak kesalahan dalam berbisnis saja.

Ada beberapa faktor seperti sumber daya manusia yang menjalankan bisnis tersebut, dan strategi bisnis yang tidak tepat. Untuk itu, Anda perlu mempertimbangkan hal lainnya juga.

3. Proses bisnis berantakan

Dengan melakukan kesalahan dalam berkomunikasi pada saat menjalankan bisnis maka akan menimbulkan dampak buruk, dimana bisnis yang dijalankan akan sulit mengalami perkembangan yang baik.

Mengingat dengan adanya komunikasi yang baik maka akan mampu memberikan solusi jika bisnis yang dijalankan menemui masalah ataupun membahas terkait rencana-rencana yang akan dilakukan untuk bisnis kedepannya. Sehingga proses bisnis yang dijalani akan lebih meningkat, dan dapat dikembangkan secara lebih efisien.

Sebaliknya jika terjadi kesalahan dalam berkomunikasi maka akan mengakibatkan proses bisnis yang tidak optimal mengingat proses-proses bisnis yang direncanakan mengalami perbedaan informasi atau kesalahan informasi.

4. Pemasaran dan pelayanan menurun

Berkomunikasi dalam bisnis tidak hanya berkaitan dengan rekan kerja tetapi juga dengan konsumen. Dimana sudah menjadi suatu keharusan jika pelaku bisnis melakukan komunikasi dengan baik pada saat melakukan pemasaran dan pelayanan.

Dengan begitu diharapkan kegiatan pemasaran dan pelayanan ini dapat mampu dijalankan dengan maksimal supaya meningkatkan angka penjualan dan membuat konsumen lebih tertarik pada produk atau jasa yang ditawarkan.

Sehingga akan memberikan kepuasan konsumen karena mampu memberikan pelayanan terbaik, dan penjelasan terkait produk atau jasa yang ditawarkan. Sedangkan bagi Anda pelaku bisnis dapat meraih angka pendapatan atau penjualan yang signifikan.

5. Kehilangan kepercayaan

Dampak kesalahan berkomunikasi yang satu ini dapat dikatakan sangat fatal. Mengingat ketika seseorang terus melakukan kesalahan komunikasi yang kurang baik akan menimbulkan kesalahpahaman dan dari kesalahpahaman itulah akan sedikit demi sedikit menghilangkan rasa kepercayaan.

Padahal seperti yang kita ketahui dalam menjalankan bisnis perlu adanya sebuah tim untuk melakukan kerjasama. Jika dalam suatu tim terdapat anggota yang tidak saling percaya satu sama lain maka akan menimbulkan kinerja yang tidak efektif dan rasa yang kurang nyaman dalam berbisnis.

Dengan kondisi seperti itu, maka kesalahan yang berhubungan dengan komunikasi harus dihindari demi kelangsungan bisnis dalam meraih kesuksesan. Demikianlah beberapa dampak kesalahan dalam berbisnis yang perlu Anda ketahui supaya nantinya akan lebih sadar dalam memperhatikan cara berkomunikasi yang baik. Bagaimana pendapatmu Kawan Bicara?

 

Source:

shiftindonesia.com
zahiraccounting.com
jadikaryawan.com

Share This:

More Articles

News

Menu